Perkembangbiakan Ayam Kampung Mulai DOC Sampai Masa Panen

Perkembangbiakan Ayam Kampung Mulai DOC Sampai Panen banyak dipengaruhi oleh perawatan pada masa DOC dan masa pertumbuhan. Banyak pertanyaan dari kalangan peternak,untuk mencapai bobot 1kg ayam kampung dari DOC,butuh berapa bulan?

bibit-doc-anak-ayam-kampung

pakan-ternak-ayam


Secara umum, pada ayam kampung umur 1-4 minggu adalah masa pertumbuhan, dimana terjadi hiperplasi sel dan organ (dari 1 sel menjadi 2, menjadi 4, menjadi 8, menjadi 16 dst), perlu dukungan pakan dan tata kelola yang baik dan benar. Terutama pada masa indukan (brooding period) sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Maka akan didapat pertumbuhan yang cepat. Soal keseragaman, dipengaruhi oleh genetik, kepadatan jumlah ayam/m-2 (std max.20 kg/m-2), ketersediaan tempat pakan (std tempakan manual 7 kg min.40 set/1.000 ekor dan minum manual 2 gallon min.40 set/1.000 ekor, tempat minum otomatis model bell drinker min.20 set/1.000 ekor). Hal ini bermaksud untuk menseragamkan bobot pertumbuhan pada ternak ayam kampung kita.

Kalau ayam dipelihara semi battery, berkoloni kecil, jelas lebih seragam, tumbuh lebih cepat dan pakan lebih efisien karena yg tumpah lebih sedikit Untuk pemberian pakan ayam dan ternak, justru yg kering lebih baik. Sambil makan akan keluar air liur dimana di dalamnya ada enzim yg membantu mencerna secara kimiawi. dengan pakan kering dan air minum ad libitum atau tak terbatas.

Demikian Sedikit Info dari Penulis.

Salam Ternak Sukses

Related Posts:

Jual DOC Ayam Kampung di Banyuwangi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...