Usaha Peternakan Ayam Kampung

Upaya-upaya berbagai pihak untuk meningkatkan manfaat ayam lokal (ayam kampung) selama ini dilakukan terus, meskipun kebutuhan akan daging dan telur ayam terutama masyarakat perkotaan dan pinggiran kota sudah sebagian besar dipenuhi oleh telur dan daging ayam unggul (ras import), yang tentunya diimpor.

Ayam lokal yang produktifitas telurnya masih di bawah 100 butir per ekor per tahun da yang tumbuh kurang dari 1 kg per ekor pada umur 12 minggu, rupanya masih dibutuhkan para konsumen baik itu perkotaan, dipinggiran kota bahkan di pedesaan. Fungsinya memang bukan sebagai bahan pangan pokok, tetapi merupakan pangan tambahan dalam hidangan pokok dan sajian-sajian khas, yang disebabkan oleh rasa yang khas.Harga per satuan produknya relatif lebih tinggi dibandingkan dengan harga per satuan produk ayam ras impor.

Ayam-Kampung-banyuwangi
Ayam kampung


Pedesaan memiliki lingkungan yang cocok untuk pemeliharaan ayam lokal, bahkan hampir di setiap keluarga di pedesaan memiliki sejumlah ayam lokal yang dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan (sebagai tabungan, tambahan protein hewani untuk keluarga, sajian khusus pada acara-acara perayaan, tambahan pendapatan, dan sebagainya).

Dalam Blog ini dikemukakan berbagai kemungkinan upaya-upaya yang dapat diaplikasikan dalam meningkatkan manfaat ayam Kampung, sebagai salah satu bangsa ayam lokal di Indonesia, dalam berbagai kondisi tatalaksana pemeliharaan. Analisis ekonomi yang didasarkan pada harga saat itu, dikemukakan untuk memberikan gambaran sampai sejauh mana usahatani ini menguntungkan sehingga dapat memberikan suatu dasar pertimbangan kepada setiap calon peternak. Berbagai macam pemanfaatan produk yang mungkin dapat diperoleh dari ayam Kampung dikemukakan sebagai segmen usahatani yang mungkin dijadikan sebagai cabang usahatani ayam Kampung, disamping segmen produksi. Saran-saran pengelolaan kelompok usaha bersama dikemukakan dalam batas-batas teori kelembagaan, yang tentunya perlu dipraktikan sambil berjalan (learning by doing) dengan berbagai perbaikan dalam pelaksanaannya, karena keberhasilan usaha kelompok ini akan sangat tergantung pada kehandalan para pengelolanya.

Semoga informasi yang disajikan dalam buku saku ini dapat menambah khasanah pengetahuan pembaca, mengenai perkembangan ayam-ayam lokal Indonesia, yang sekaligus dapat memberikan tambahan wawasan kepada kita dalam berupaya untuk meningkatkan manfaat sumber daya genetik ayam lokal nasional.


Penulis.

Related Posts:

2 Responses to "Usaha Peternakan Ayam Kampung"


  1. Punya E-Wallet??
    Tapi tidak tau mau diapakan???

    Mari manfaatkan E-Wallet anda sebagai sumber penghasilan setiap harinya

    Info hub
    WA : 0822 6793 2581

    BalasHapus

  2. KALAH?
    HANYA DI ZEUSBOLA KALAH TETAP DAPAT BONUS CASHBACK 10%

    Bonus spesial ini diberikan kepada member yang kalah 10x berturut turut dalam sabung ayam online.

    deposit murah
    melayani 24 jam online
    fast respon
    deposit pulsa
    deposit all bank lokal indonesia


    Segera Hubungi Customer Service Kami Melalui
    Whatsapp : +6282277104607





    BalasHapus

Silahkan Bertanya Sambil Berdiskusi Seputar Ternak Ayam Kampung, Nanti Akan Admin Balas Segala Kritik Saran Dan Pertanyannya. Terimakasih..

Jual DOC Ayam Kampung di Banyuwangi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...